Blog Archive

Daratan Jepang Ambles 70 Cm Pasca Gempa

 
Badan informasi geofisika Jepang (GSI) menyatakan, akibat gempa bumi berkekuatan 9 skala richter yang terjadi di Jepang, Jumat 11/03/11, kemarin, tinggi permukaan tanah di Ishinomaki, Miyagi, ambles sampai dengan 70 cm. Tidak hanya di wilayah Miyagi saja, tapi penurunan tanah juga terjadi di beberapa wilayah terkena gempa.
Profesor seismologi di Nagoya University, Takeshi Sagiya, mengatakan fenomena penurunan permukaan tanah itu terjadi karena adanya perubahan kerak bumi akibat gempa.
Hal yang sama juga di ungkapkan Yuji Yagi, profesor di Universitas Tsukuba, Jepang. Menurut Yuji, gerakan air laut yang sempat menghempas wilayah Jepang tersebut terjadi mulai 500 kilometer dari utara ke selatan, dari Prefektur Aomori ke Prefektur Ibaraki, dengan lebar gerakan sekitar 200 km. Pergerakan menunjukan hal itu terjadi di dua titik, yakni dari wilayah Prefektur Iwate ke Prefektur Miyagi, dan satu gerakan lain dari Prefektur Ibaraki. Proses pertama terjadi di titik utara dan kemudian melanjutkan perjalanan ke selatan menuju Ibaraki dalam waktu hanya sekitar 70 detik. Akibatnya, patahan lempeng bumi bergeser hingga 20 meter.
Amblesnya tanah di lokasi pasca gempa juga tak hanya di wilayah Ishinomaki. Tingkat keamblesan sekitar 66 cm juga terjadi di wilayah Kesennuma, dan titik ambles 30 sampai 40 cm di sekitar Higashi-Matsushima. Para peneliti mengatakan, tanah di lempeng Pasifik yang saat gempa didorong ke atas jatuh kembali ke bawah pada saat gempa mulai reda.
Apakah dalam beberapa tahun kedepan Jepang akan tenggelam?

0 Response to "Daratan Jepang Ambles 70 Cm Pasca Gempa"

Posting Komentar

Baca yang lain gan...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat berada dalam domain publik. Jika ada seorang pun yang keberatan untuk menampilkan gambar apapun dan berita, mungkin akan dibawa ke kami dengan mengirim email pemberitahuan & yang sama akan segera dihapus, setelah klaim verifikasi.
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme